Alasan mengapa konten visual itu penting untuk brand?

Sebelum membahas lebih dalam alasan konten visual penting untuk sebuah brand, coba perhatikan foto dibawah ini, apakah informasi yang disajikan menarik?

Visual konten contoh

Kemudian bandingkan dengan foto yang satu ini!

Visual konten contoh

Apakah informasi yang kamu dapat pada foto kedua lebih menarik? Atau malah bingung harus fokus pada informasi yg ditulis?

Sampai disini sepertinya kamu sudah sedikit menyadari konten visual penting untuk sebuah brand apalagi menyangkut dengan bisnis yang kamu punya.

Apa yang dimaksud dengan konten visual?

Sesuai dengan namanya, konten visual merupakan konten yang memiliki elemen visual. Jenisnya bisa bermacam-macam, mulai dari foto, video, motion graphics, infografis, GIF, slideshow, grafis interaktif, e-book, dan sebagainya.

Kenapa Jadi Penting?

Yuk simak beberapa alasan berikut mengapa konten visual itu penting.

 

Manusia adalah makhluk visual

Who doesn’t love pretty things? Human loves visual pretty things. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa otak manusia sangatlah unik dan memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada tulisan. Hal ini menjadikan konten visual sangat efektif digunakan untuk brand yang kamu punya, khususnya dalam dunia marketing.

Lebih mudah dipahami

Perhatikan saja bahwa selama ini kamu lebih cepat memperhatikan rambu-rambu lalu lintas disamping jalan dibandingkan dengan tulisan panjang. Dalam sekian detik, kamu mampu memahami maksud dari rambu-rambu lalu lintas yang dilewati.

Ini menandakan bahwa manusia lebih cepat mencerna informasi melalui gambar dibandingkan kata-kata. Untuk itu, penting melahirkan konten visual yang menarik namun tetap mudah dipahami oleh target audience mu.

Dapatkan ribuan template sosial media gratis disini!

Meningkatkan lebih banyak interaksi

Interaksi dibutuhkan untuk membangun hubungan dan relasi berkelanjutan dengan calon konsumen ataupun pelanggan. Konten visual yang baik akan bisa meningkatkan interaksi dan membantu meningkatkan eksposur media sosial karena manusia cenderung menyukai hal-hal yang disajikan berwarna-warni.

Mudah dikenal dan diingat

Faktanya, manusia bisa menyimpan 95% informasi saat mereka menonton video, dibandingkan dengan 10% saat membaca teks yang sangat panjang. Itulah sebabnya seringkali, video adalah kunci untuk membuat kamu lebih dekat dengan konsumen atau pelanggan.

Nah, video bisa jadi ide untuk variasi konten visual yang akan kamu sajikan di media sosial brand yang kamu punya.

Memicu emosi pelanggan

Pasti kamu pernah terbawa cerita sampai ingin meluapkan emosi tersebut saat menonton sebuah film? Menariknya, menonton atau melihat konten visual yang bisa membuat pelanggan atau konsumen kamu larut dalam emosi di dalamnya.

Penyebabnya adalah karena visual bisa menggambarkan perasaan apa yang dirasakan ketika seseorang relate dengan sesuatu. Ini berlaku tidak hanya pada konten berjenis video, namun berlaku untuk konten visual lainnya.

Sampai disini pasti kamu semakin menyadari betapa pentingnya konten visual bagi brand yang kamu punya. Konten visual yang baik akan sangat memberikan dampak yang baik untuk kemajuan brand. Misalnya seperti menjangkau pasar lebih luas, meningkatkan follower, dan tentu saja meningkatkan penjualan.

Kesulitan menyajikan konten visual yang menarik?

Sayangnya, selain tidak mempunyai keahlian untuk menyajikan konten visual yang menarik beberapa pemilik brand juga tidak mempunyai cukup waktu untuk mengerjakannya.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya dengan menggunakan template siap pakai untuk media sosial kamu.

Take a look here to get more free Canva templates to use.

Do you need our help in creating more projects together? Reach us soon!

Related Article